Yuk! Liburan Ke Pantai Lakadao Buton Selatan

0

BUSEL – Buton Selatan adalah sebuah daerah yang kini mulai banyak dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan, khususnya para wisatawan domestik. Wisata Buton Selatan tidak hanya selalu tentang Budaya dan adat istiadat, namun masih banyak potensi wisata lain yang dapat dieksplorasi oleh para traveller. Diantara beberapa destinasinya seperti wisata bahari, wisata alam, hingga wisata sejarah yang semakin menambah kekayaan spot wisata di Selatan Pulau Buton ini.

Salah satu spot wisata cantik yang sayang jika Kamu lewatkan saat berkunjung ke Buton Selatan adalah Pantai Lakadao. Pantai ini berada di Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, tepatnya berada pada koordinat ( 5°40’19.23″ LS / 122°48’37.99″ BT ). Karena tempatnya yang masih sangat alami, menjadikan pantai ini selalu ramai dikunjungi masyarakat dan para wisatawan lokal.

Liburan di Pantai Lakadao mungkin tak semewah saat liburan di Pulau Bali, tetapi percayalah tempat ini menawarkan suasana pantai yang sangat eksotis. Suasana asri, sejuk, ditambah pasir putih sepanjang pantai semakin menambah kesan betapa eksotiknya pantai ini. Daya tarik lainnya yaitu, adanya tebing yang menjulang tinggi sekitar 80 meter dan lebar 50 meter, lokasi ini bisa dijadikan wisata minat khusus panjat tebing bagi mereka yang senang dengan tantangan.

Dibagian tengah pantai, ada sebuah batu karang besar yang diatasnya terdapat rumah kecil seperti gazebo yang bisa Kamu gunakan untuk beristirahat, tak jarang juga wisatawan menggunakan gazebo ini sebagai properti untuk berfoto. Jika ingin memanjakan diri, Kamu bisa duduk atau berbaring diatas pasir yang putih halus sambil menikmati panorama indah dan birunya laut, ditemani secangkir kopi tentunya akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Nah, jika Kamu kesini, tidak ada salahnya jika Kamu ingin mencoba alam bawah laut pantai lakadao, jadi jangan sampai kelupaan membawa alat snorkeling yaaa. Selain snorkeling, banyak atraksi lainnya yang bisa Kamu lakukan, seperti berenang, memancing, atau bahkan menyelam.

Area pasir yang luas, bisa Kamu manfaatkan untuk mendirikan tenda sambil menunggu Sunrise. Saat malam hari, dibawah sinar bulan, suara ombak menjadi teman setiamu dalam suasana sepi, moment ini akan menambah pengalaman tersendiri, dan saat terbangun di pagi hari, Kamu akan disuguhkan pemandangan matahari terbit yang mengagumkan. Menghirup udara pagi yang sejuk, akan menyehatkan tubuhmu sambil menyaksikan gagahnya sang surya muncul dari balik Nirwana, seakan Kamu sedang menyaksikan pertunjukan mahakarya Sang Pencipta yang luar biasa.

Untuk mencapai pantai Lakadao, ada tiga jalur alternatif yang bisa Kamu lalui. Pertama, dari kota Baubau bisa langsung ke Desa Burangasi, sekitar satu setengah jam menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Setelah sampai di desa Burangasi, kita harus berjalan selama dua jam agar bisa ke lokasi tersebut. Kedua, dari kota Baubau langsung ke Desa Wabula Kabupaten Buton, sekitar dua jam. Sedangkan, jalur alternatif ketiga dari kota Baubau langsung ke Desa Bahari, Kabupaten Buton Selatan, sekitar satu setengah jam. Di desa tersebut, Kamu bisa menyewa kapal, dengan harga sebesar Rp 350.000 /trip.

Kalau ke Pulau Buton, belum lengkap rasanya jika tak menginjakkan kaki di Buton Selatan, Karena dibalik semua keindahan Pantai Lakadao yang selama ini hanya disaksikan lewat dunia maya, tidak kalah mengagumkan bila Kamu datang langsung mengunjunginya. Yuk, Ke Buton Selatan.

Reporter : Mukmin Editor : Sumarlin

Leave A Reply

Your email address will not be published.