Wujudkan Good Quality Event, Dispar Adakan Workshop Pemberdayaan Sektor Ekraf

0

KENDARI – DISPARSULTRA.ID, Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan workshop atau pelatihan kewirausahaan dan pemberdayaan sektor ekonomi kreatif (ekraf).

Workshop yang diikuti oleh 50 peserta ini dilaksanakan di Zahra Syariah Hotel Kendari pada 10 Juni 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, H. Belli Harli Tombili mengatakan, workshop ini untuk mewujudkan good quality event (menjalankan event yang baik).

Dimana dalam mewujudkannya, harus ada sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan berkualitas.

“Ini workshop yang sangaat penting, karena disini teman-teman bisa dilatih bagaimana melaksanakan event yang bagus dan berkualitas. Pelatih kita kali ini juga akan membawa warna dan nafas baru bagi pelaksanaan event yang ada di Sultra kedepannya,” kata Belli.

Menurut Mantan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Timur (Koltim) ini, saat ini di Sultra terdapat beberapa event organizer atau EO (pengorganisir acara) yang cukup besar, namun masih ada EO yang baru lahir dan baru mulai merambah usaha ini.

Sehingga ia berharap para EO baru ini bisa mengambil ilmu yang diberikan oleh para pemateri yang ahli di bidangnya.

“Jadi mereka akan dilatih bagaimana caranya mengatur event agar tidak bosan kalau menonton. Cara menarik perhatian supaya orang mau menghadiri event. Tentu saja yang paling penting bagaimana kalau mereka melaksanakan event tidak rugi. Jadi nantinya setelah ada pelatihan ini para EO baru ini dalam membuat sebuah event yang baik dan berkualitas,” ujar Belli.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dispar Sultra, Syamsinar mengatakan, kegiatan ini merupakan awal untuk mewujudkan mimpi dalam membangun gerakan bersama, yaitu gerakan ekraf bisa, ekraf Sultra yang didalamnya bertumpu pada partisipasi dan kolaborasi bersama.

“Mimpi kami untuk mewujudkan ekraf Sultra menjadi tulang punggung kemajuan pariwisata daerah, tulang punggung kemajuan perekonomian Sultra.Untuk mewujudkan ini kita tidak bisa bergerak sendiri tetapi membutuhkan komitmen bersama dari semua stakeholder yang ada,” Syamsinar menambahkan.

Ia berharap, workshop ini dapat menghasilkan SDM Sultra yang berkualitas, khususnya ditingkatan komunitas dan pelaku ekraf yang nantinya akan unggul, profesional dan berjiwa wirausaha dalam mendukung penyelenggaraan event-event yang ada di Sultra.

“Karena event yang keren dan berkualitas harus didorong oleh Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti yang kita lakukan hari,” Syamsinar memungkas.

Penulis: Yeni Marinda
Editor : Ridwan

Leave A Reply

Your email address will not be published.