Wisata Kotaeono, Destinasi Baru Buteng yang Lagi Viral

0

DISPARSULTRA.ID,BUTON TENGAH- Keindahan wisata alam Kabupaten Buton Tengah (Buteng) memang tidak ada habisnya. Saat ini, terdapat wisata baru yakni Wisata Kotaeono yang tengah viral di kalangan para penikmat wisata Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wisata Kotaeono berada Desa Rahia, Kecamatan Gu. Lokasinya tidak begitu jauh dari jalan raya dan berada di belakang pemukiman warga Desa Rahia.

Wisata ini sangat memanjakan perasaan, jiwa, mata, dan telinga. Saat memasuki area Wisata Kotaeono mata menjadi rileks melihat pemandangannya, telinga terasa tenang mendengar lembutnya desiran air.

“Di atas ini tanahnya pamanku, dulu kita kesini cuma datang main saja, tidak disangka kalau sekarang bisa mendatangkan orang dari berbagai daerah untuk berkunjung ke sini”, ucap Odo yang menjaga perahu di wisata ini.

Di balik batu ini suasananya sangat sejuk, bisa untuk bersantai-ria mendengarkan suara air laut, memandangi air yang begitu jernih, bahkan airnya bisa digunakan untuk berenang.

Airnya sangat segar dan rasanya tentu asin jika sedang pasang. Kalau sedang surut, airnya terasa payau.

Wisata ini dikelola oleh warga desa dan karang taruna desa Rahia. Cukup membayar parkir Rp3 ribu per motor dan Rp5 ribu per mobil. Sedangkan untuk masuk ke dalam permandian cukup membayar seribu rupiah.

Lokasinya hanya sekitar 15 menit dari pusat Kota Lombe. Jika dari pelabuhan fery Wamengkoli, kita akan menempuh perjalanan sekitar 15 km atau jarak tempuh 20-30 menit menggunakan motor atau mobil.

Di wisata ini juga menyediakan perahu untuk disewa sebesar Rp5 ribu per orang selama 15 menit yang biasa digunakan untuk berselfi-ria oleh para pengunjung.

“Waktu yang paling ramai itu, setiap hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung dari pagi hingga sore terus berdatangan”, lanjut Odo.

Kita tidak perlu takut ke sini, karena lokasinya di dekat pemukiman warga sehingga fasiliitas seperti masjid, warung, dan toilet sangat mudah ditemukan.

Demi menjaga dan melindungi keindahannya, Mari selalu menjaga diri ketika berkunjung di objek wisata manapun. Bagi yang sudah pernah ke sini, dipastikan akan kembali lagi untuk menikmati indahnya Wisata Kotaeono.

Kontributor: Yulisnawati Abbas
Editor: Ilham Surahmin

Leave A Reply

Your email address will not be published.