Wakil Wali Kota Baubau Sebut Kuliner Mimiki Peran Penting Bagi Pariwisata

0

BAUBAU – Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, kuliner memiliki peran penting bagi pariwisata. Olehnya, pariwisata harus didukung oleh sajian kuliner lokal yang sesuai dengan selara wisatawan.

“Karena pariwisata dan kuliner saling memperkuat atau mempengaruhi satu sama lain,” kata Monianse dalam acara pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner di destinasi pariwisata yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Baubau di Hotel Mira, Selasa 6 Juli 2021.

Menurutnya, rata-rata wisatawan selalu menjadikan kuliner sebagai salah satu prioritas dalam berwisata.

“Jika destinasi pariwisata tidak tertata dengan baik, maka dapat dipastikan keberadaan tempat kuliner juga tidak akan menarik perhatian wisatawan. Begitupun sebaliknya, jika sisi kuliner tidak terkelola dengan baik maka citra pariwisata akan anjlok,” beber Monianse.

Ia mengatakan, jika kuliner tersebut diperkuat, maka dapat dipastikan akan besar manfaatnya bagi daerah dan masyarakat. Tak hanya pelaku usaha kuliner, ini juga akan berdampak pada peningkatan pendapatan para petani.

“Karena dengan sendirinya, ketersediaan atau jangkauan bahan-bahan baku kuliner itu justru akan ditopang dari bawah. Jadi petani dan pedagang dengan sendirinya akan ikut tumbuh. Sehingga pariwisata berbasis kuliner akan memberikan dampak yang sangat luas,” tambah Monianse.

Untuk menyesuaikan selera wisatawan dengan kuliner lokal, kata Monianse, perlu adanya inovasi sebagai jalan keluar dalam memberikan cita rasa. Meski demikian, ia menekankan agar dalam berinovasi, nilai khas produk lokal tidak dikorbankan.

“Dalam artian nilai khas produk lokal kita tidak dikorbankan, tetapi disesuaikan dengan minat dan selera para wisatawan,” pungkas Monianse.

Penulis: Yeni Marinda

Editor : Sumarlin

Leave A Reply

Your email address will not be published.