TAF Salurkan Bantuan Sembako Kepada Pekerja Hotel dan Pariwisata Terdampak Covid-19

0

KENDARI – Dampak dari pandemi Covid-19 turut dirasakan oleh pekerja sektor formal dan informal.

Hingga awal Agustus 2020, para pengambil kebijakan dan publik, masih diresahkan dengan gelombang kedua penyebaran virus corona yang ditandai peningkatan grafik terinfeksi.

Masifitas kondisi pada gelombang kedua ini memaksa pemerintah pusat dan daerah untuk terus mencari jalan keluar (vaksin) dan memperbaiki kondisi stagnan ekonomi di tengah masyarakat.

Di sektor pariwisata, khususnya hotel dan restoran, walau belum pulih sepenuhnya, sejumlah pemilik usaha mencoba bangkit dengan segala keterbatasan.

Tekanan pada investasi di sektor ini sangat terasa, jika melihat tingkat hunian hotel yang menurun drastis. Penurunan itu ikut menekan omset dan pemenuhan hak tenaga kerja.

Para tenaga kerja sektor formal kepariwisataan juga memahami betul kondisi ini, sehingga mereka tidak mau gegabah mempersulit keadaan. Sebagian besar rekan mereka masih dirumahkan dan menunggu dalam ketidakpastian.

Melihat hal tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) turut memberikan bantuan berupa paket sembako kepada pekerja hotel/pariwisata yang terdampak Covid-19.

Penyerahan bantuan didelegasikan kepada The Agista Foundation (TAF), Rabu 12 Agustus 2020.

Koordinator Tim Relawan TAF, Midha Karim mengatakan, bantuan sembako dari Dinas Pariwisata Sultra ini sebanyak 90 paket yang disalurkan kepada karyawan dan staf di dua hotel di Kendari.

Kedua hotel tersebut yakni Same Boutique Hotel sebanyak 55 paket dan Swiss-belhotel sebanyak 35 paket.

“Mereka yang mendapatkan bantuan ini adalah karyawan atau staf yang saat ini sedang dirumahkan dan bantuan tersebut diserahkan kepada manajemen hotel untuk dikoordinasikan kepada para penerima,” kata Midha melalui rilis persnya, Rabu 12 Agustus 2020.

Ia berharap, bantuan sembako tersebut dapat meringankan beban para penerima.

Untuk diketahui, para relawan TAF mendapat dukungan relawan dari KONI Sultra.

Penulis: Yeni Marinda

Editor: Sumarlin

Leave A Reply

Your email address will not be published.