Sandiaga Kunjungi Desa Wisata Limbo Wolio di Baubau

0

DISPARSULTRA.ID,BAUBAU-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Limbo Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (8/6/2022).

Kujungan itu dalam rangka melihat secara langsung kondisi salah satu dari 50 desa wisata terbaik yang ada di Indonesia. Untuk menembus 50 besar, Limbo Wolio telah mengalahkan ribuan desa lain yang ikut dalam kompetisi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dilansir dari Buton Pos, Sandiaga menilai kelebihan yang dimiliki desa wisata tersebut harus dijaga dan lestarikan dengan melibatkan seluruh pihak sehingga menciptakan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Kemudian, Sandiaga juga mengikuti ritual dan berziarah ke makam Sultan Murhum, mengunjungi stand Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di dekat mesjid Agung Keraton serta bersepeda ke lokasi penandatanganan prasasti Desa Wisata Limbo Wolio di Baluarana Kalau.

Benteng Wolio dengan luas 20 ribu hektare lebih menurutnya, merupakan benteng terbesar dunia.

Keberhasilan Desa Wisata Limbo Wolio menembus 50 besar ADWI merupakan suatu prestasi yang patut dipertahankan.

“Intinya, kita akan pastikan bahwa desa wisata Limbo Wolio dan benteng, serta situs lainnya tetap dijaga kelestariannya,” kata Sandiaga seperti dikutip di Buton Pos.

Kemenparekraf juga memberikan piagam penghargaan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dadi Mangura yang berhasil membawa Limbo Wolio melewati tahap seleksi ADWI mulai dari 500, 300, 100 hingga 50 besar masuk 50 besar dari total 3.400 desa di Indonesia.

Selain itu, Sandiaga Uno juga memberikan bantuan sepeda motor pengangkut sampah untuk mendukung keberhasilan Limbo Wolio.

Kontributor: Ilham Surahmin
Editor : Ridwan

Leave A Reply

Your email address will not be published.