Pulau Hari, Wisata Bahari Tempat “Bersemedi” dari Hiruk Pikuk Kota

0

KENDARI – Satu lagi pulau indah tak berpenghuni yang ada di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) selain Saponda Laut, pulau tersebut yakni Pulau Hari.

Pulau ini siap puaskan hasrat petualangan para pelancong alias traveler (wisatawan) yang mencari tempat tenang dan asyik untuk dijadikan tempat “bermeditasi” sejenak dari hiruk pikuk kota.

Pulau ini berada di Kecamatan Laonti atau berhadapan langsung dengan Dusun Baho, Desa Labuan Beropa, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Untuk menuju ke pulau ini, aksesnya tak begitu susah, selain jaraknya yang tidak jauh dari Kota Kendari, pelayanan kapal untuk sampai ke pulau tersebut juga cukup banyak.

Anda dapat menyeberang dari Kelurahan Talia, Kecamatan Abeli, Kota Kendari dengan jarak tempuh kurang lebih dua jam. Biaya sewa kapal sekitar Rp850 ribu.

Namun, ada pula pilihan lain bagi anda yang ingin memilih perjalanan dengan jarak tempuh yang tak begitu lama, yakni melalui penyebrangan dari Kelurahan Sambuli, Kecamatan Nambo, Kendari atau dari Desa Watu-Watu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konsel.

Jika lewat Kelurahan Sambuli, anda hanya akan menempuh perjalanan selama satu jam 30 menit dengan biaya sewa kapal Rp800 ribu. Sedangkan melalui penyeberangan dari Desa Watu-Watu hanya ditempuh dengan jarak satu jam dan biaya kapal bisa lebih murah yakni Rp700 ribu.

Tidak usah khawatir, biaya kapal tersebut sudah termasuk biaya jemput. Apalagi, di pulau berpasir putih ini juga belum dipungut biaya alias gratis.

Dijamin tak akan menyesal jika berada di pulau ini. Sebab, anda akan dimanjakan dengan keindahan daratan dan bawah lautnya.

Pulau ini dikatakan memiliki bawah laut yang indah karena memiliki berbagai jenis biota laut mulai dari ikan nemo, ikan karang, bintang laut hingga berbagai jenis hewan laut lainnya.

Ada dua pilihan spot untuk bermain air, jika anda tergolong orang yang tak pandai berenang, maka bermain di sisi depan Pulau Hari dapat menjadi pilihan. Selain airnya jernih, posisi palungnya juga cukup jauh dari bentangan pasir putih. Jadi cukup aman.

Nah, bagi anda pencinta snorkling ataupun diving bisa memanfaatkan sisi belakang dari Pulau ini. Karena gugusan terumbu karang dapat memanjakan mata. Ditambah posisi palung yang cukup dekat menambah adrenalin untuk mengeksplore keindahan bawah laut Pulau Hari.

Fasilitas gazebo dan vila yang ada di Pulau Hari bisa anda manfaatkan untuk menyimpan barang bawaan atau beristirahat setelah lelah bermain air.

Keindahan Pulau Hari juga ditambah dengan banyaknya pohon pelindung yang hijau sehingga menambah kesan kealamian dari pualu tersebut. Tak sedikit pengunjung yang datang ke sini memilih untuk bermalam dengan mendirikan tenda.

Nah, bagi anda yang ingin mengunjungi Pulau Hari alangkah baiknya berangkat berkelompok bersama teman agar biaya kapalnya bisa lebih murah.

Jangan lupa membawa perlengkapan berenang serta logisitik secukupnya, sebab di Pulau ini tidak ada tempat penyewaan alat atau pun pedagang makanan.

Berangkat pagi hari merupakan waktu yang tepat karena ombak cukup teduh, sehingga perjalanan bisa sampai lebih cepat.

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ilham Surahmin

Leave A Reply

Your email address will not be published.