Pulau Bokori

0

Jika anda berkunjung ke Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Ada sebuah pulau yang terpisah dari daratan kendari dan konawe dengan tampilan yang cukup menarik.

Pulau bokori, memiliki hamparan pasir putih pantai yang mempesona. Meski masuk dalam wilayah administrasi kabupaten Konawe, namun sejak 2014 silam pemerintah provinsi sulawesi tenggara, sangat getol dalam melakukan pembangunan dipulau yang tidka berpenghuni ini.


Dahulu pulau ini dihuni oleh penduduk suku Bajo, yang saat ini telah di pindahkan ke wilayah darata pas berhadapan pulau bokori.

Selain menjadi pulau wisata untuk berlibur bersama keluarga, Pulau Bokori juga bisa menjadi salah satu lokasi Gathering Kantor atau perusahaan mengingat lokasinya cukup luas dan juga fasilitas yang ada sangat lengkap.

Pemerintah setempat sudah menjadikan Pulau Bokori sebagai salah satu pusat rekreasi sehingga di sana sudah dibangun resor, penginapan, amphiteater, area gazebo, sport zone, kantin, toilet hingga fasilitas penyeberangan yang aman.

Pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putihnya yang luas akan membuat siapapun yang datang ke pulau Bokori betah. Apalagi pantainya yang tenang membuat kita dan keluarga bisa bermain ombak dan pasir dengan aman.


Cara menuju Pulau Bokori hanya melalui penyebrangan laut. Ada 3 pelabuhan penyeberangan untuk sampai di Pulau Bokori, salah satunya adalah di Desa Bajoe. Desa Bajoe kini menjadi dermaga penyeberangan utama ke Bokori karena pemerintah setempat sudah membangun sebuah dermaga penyeberangan resmi yang dilengkapi pelampung dan kapal yang aman.

Biaya yang dibutuhkan untuk menyeberang ke Pulau Bokori relatif murah hanya dikenakan Rp 15.000-Rp 20.000 per penumpang. Jadi jika kalian hanya bertiga ingin menyeberang dan tak ingin menunggu penumpang lainya maka kalian tetap harus membayar Rp 100.000 per perahu. Tarifnya di bawah 5 orang penumpang dikenakan biaya sewa kapal sebesar Rp 100.000.

Dari Kota Kendari menuju pelabuhan penyebrangan bokori juga hanya memakan waktu singkat yakni sekitar 40 menitan saja dengan kendaraan motor atau mobil.

Untuk menyeberang ke Bokori juga tidak memakan waktu lama karena hanya dibutuhkan sekitar 5-10 menit. Setibanya di sana kita sudah bisa masuk ke dalam kawasan wisata Pulau Bokori dan berkeliling menyusuri pulau.

Pulau Bokori hingga tahun 2019, sebenarnya masih dalam tahap pembangunan, karena pembangunan di pulau bokori terdiri dari pembangunan pulau A dan pulau B, karena di pulau ini memang terdapat 2 pulau kecil yang disatukan mdengan jembatan bagi para wisatawan untuk berjalan kaki.

Leave A Reply

Your email address will not be published.