Penyelenggaraan Event 2021 di Sultra Diharap Ikuti Pedoman Protokol CHSE

0

KENDARI – Penyelenggaraan semua event di tahun 2021 diharapkan berjalan sesuai pedoman protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment) atau K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Keberlangsungan Lingkungan).

Protokol ini merupakan gagasan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI sebagai upaya membangun optimisme dan semangat pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) tetap bangkit ditengah pandemi.

Koordinator Sterategi dan Promosi Event Daerah Kemenparekraf, Hafiz Agung Rifai mengatakan, pedoman CHSE disusun agar industri bisa bergerak lagi ditengah pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan.

“Tantangan untuk industri event sebenarnya adalah agar penyelenggaraan event tidak menjadi cluster baru, makanya kita memberikan batasan-batasan bukan untuk mempersulit, tetapi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Hafiz saat diwawancarai usai Workshop Penyelenggaraan Event Berpedoman pada Protokol CHSE 2021 di Kendari, Kamis 3 Juni 2021.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Sultra, La Ode Saifuddin mengatakan, prokes CHSE pada event nanti lebih kepada bagaimana kebersihan dilingkungan, termasuk kesehatan masyarakat yang ingin mengikuti event.

CHSE dinilai penting mengigat ada sejumlah daerah di Sultra yang selalu mengadakan event setiap tahun, seperti Kabupaten Wakatobi.

“Kebetulan tahun ini kembali akan diselenggarakan event yakni Wakatobi Wave. Jadi kemarin juga orientasi terkait penyelengaraan ini sedapat mungkin menggunakan prokes CHSE perlu ditegakkan,” ungakp Saifuddin.

Menurutnya, selain Wakatobi, Kabupaten Bombana, Buton dan Kolaka juga kerap menyelenggarakan event setiap tahun.

Olehnya, ia berharap ketiga kabupaten ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaanya.

“Harapan kami dari ketiga kabupaten ini bisa mengadopsi apa yang dilakukan Dinas Pariwisata Waktobi,” pungkas Saifuddin.

Penulis: Yeni Marinda

Leave A Reply

Your email address will not be published.