Pemkab Konkep Kembangkan Tiga Objek Wisata Unggulan

0

KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Konawe Kepualauan (Konkep) tahun ini (2021) akan mengembangkan tiga objek wisata di Wawonii.

Ketiga objek wisata tersebut yakni Pantai Kampa di Kecamatan Wawonii, Air Terjun Tumburano di Kecamatan Wawonii Barat serta Wisata Buatan Kampung Mangrove (Kampung Tongke) di Kecamatan Wawonii Utara.

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga (Disparmudora) Konkep, Armin memgatakan, untuk Pantai Kampa, pihaknya akan mengadakan sambungan air bersih dan penambahan satu unit mandi cuci kakus (MCK).

“Kalau Air Terjun Tumburano akan diadakan peningkatan infrastruktur jalan yakni rehab jalan pedestrian menuju titik wisata,” kata Armin, Senin 26 Juli 2021.

Sementara untuk objek wisata Mangrove atau Kampo Tongke, katanya, akan diadakan peningkatan jalan pedestrian untuk jembatan titian dan pembangunan empat unit gazebo.

“Ketiganya akan dikerjakan tahun ini,” beber Armin.

Ia mengaku, anggaran dari ketiga destinasi tersebut berbeda-beda. Pantai Kampa sebesar Rp295 juta, Air Terjun Tumburano Rp200 juta dan Kampa Tongke Rp400 juta.

Armin berharap, desa-desa yang wilayahnya punya potensi wisata agar bisa berinisiatif untuk dikembangkan.

“Para Kades harus mampu melihat peluang untuk menjadikan desanya sebagai desa wisata. Kembangkan potensi itu karena dengan wisata bisa menghasilkan PAD, tentu untuk meningkatkan desa itu sendiri juga,” tutup Armin.

Penulis: Yeni Marinda

Leave A Reply

Your email address will not be published.