Pandemi Covid-19 Berimbas Pada PAD Sektor Wisata di Kendari

0

KENDARI -Selama pandemi Covid-19, Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata Kota Kendari pada 2021 mengalami penurunan.

Tahun ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari mempunyai target Rp225 juta. Sayangnya, sampai sekarang pendapatan baru terkumpul separuh dari target.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari Abdul Rifai mengungkapkan, sulitnya realisasi itu karena imbas penanganan pandemi Covid-19.

Pasalnya, sudah sekitar tiga bulan semua wisata dilarang beroperasi karena ada imbauan dari pemerintah adanya penerapan PPKM.

“Kalau pendapatan khusus tempat wisata mengalami penurunan, karena tahun ini ada PPKM sehingga wisata kebanyakan ditutup,” ucapnya, saat ditemui Jumat (24/9/2021).

Sementara dibandingkan di tahun sebelumnya (2020) kondisi jauh berbeda karena masih ada kelonggaran di lokasi destinasi pariwisata.

Namun tahun ini, target baru mencapai 10 persen dengan yang terkumpul baru sekitar 150 juta.

“Selama pandemi sangat terdampak pada sektor wisata. Mudah-mudahan ini pulih secepatnya, karena perputaran ekonomi khusus pariwisata sangat berdampak,” ungkapnya.

Untuk diketahui dalam progres pariwisata, pihaknya akan melakukan pembenahan infrastruktur di Pantai Nambo dan Tambat Labuh serta Kebun Raya.

Reporter: Sunarto

Leave A Reply

Your email address will not be published.