Dispar Sultra Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Konsel

0

DISPARSULTRA.ID, KENDARI- Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sabtu (15/8/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispar Sultra, I Gede Panca menjelaskan kegiatan sapta pesona bertujuan untuk menyadarkan para pelaku wisata akan penting menjaga dan membangun sektor pariwisata.

Sebab, untuk menarik wisatawan, setiap lokasi wisata harus memahami dan menjalankan Sapta Pesona, khususnya terkait dukungan dan peran serta masyarakat sebagai tuan rumah yang mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata itu sendiri.

Karena tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata dilakukan melalui implementasi dari unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah dan unsur kenangan.

“Target kita bagaimana semua objek wisata di Konsel bisa mewujudkan sapta pesona, karena kunci dari keberhasilan objek wisata bukan hanya terlihat dari indahnya saja. Tapi bagaimana dia bisa menciptakan atau membangun kompenen pariwisata, aman bersih sejuk dan kenangan,” kata dia.

Menurutnya, unsur Sapta Pesona harus dipenuhi, sebab pertimbangannya, sektor pariwisata bisa meningkatkan sektor ekonomi daerah, didukung dengan kondisi lingkungan yang membuat wisatawan merasa nyaman dan aman ikut menentukan terwujudnya pengelolaan wisata yang baik.

Sehingga menurutnya, hal itu dapat dilakukan para pelaku pariwisata di Konsel. Kata dia, pelaku wisata di Konsel harus mampu memberikan pengalaman terbaik dan berkesan bagi para wisatawan yang datang. Terlebih dalam meninggalkan kenangan bagi para wisatawan.

“Artinya kenangan yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan, apakah itu sovenir, kuliner, atau tenun. Kemudia di Bidang Ekonomi Kreatif akan memberikan pelatihan kepada mereka, bagaimana membuat sovenir dan kuliner yang khas,” jelasnya.

Selain itu, ada banyak hal yang bisa diubah menjadi sovenir maupun kuliner andalan di Sultra. Seperti pembuatan sovenir tenun khas Sultra, atau kuliner kacang mette, coklat, olahan ikan serta olahan sagu.

“Bagaimana nanti semua produk itu dikemas sebagai turisem sentris, dalam rangka membangun pariwisata. Bisa mendapat sovenir kualitas baik dan menarik,” terang panca.

Namun, dengan adanya wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), hampir seluruh aktivitas pariwisata di Sultra lumpuh total. Hal itu juga membuat para pelaku Pariwisata khusunya di Konsel turut terpukul dengan kondisi saat ini.

Meski demikian, I Gede Panca mengatakan pihaknya (Pemprov Sultra) akan terus berupaya memulihkan sektor pariwisata yang ada di 17 kabupaten/kota di Sultra.

Salah satunya, pihaknya memberikan support dalam bentuk perlengkapan alat protokol kesehatan kepada seluruh pengelola pariwisata yang memiliki potensi wisatawan yang banyak.

“Selain menerapkan sapta pesona di konsel, dia juga harus bisa menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Kita akan memberikan sejumlah masker, alat cuci tangan, termo gun, alat protokol kesehatan lainnya,” imbuhnya.

Olehnya itu, dia berharap dengan terselenggaranya kegiatan Sadar Wisata dan Sapta Pesona ini, dapat menumbuhkan kesadaran pelaku pariwisata di Konsel untuk mengelola objek pariwisata yang ada dengan lebih baik lagi. Juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal, nasional hingga internasional.

Kontributor: Sunarto
Editor: Ilham Surahmin

Leave A Reply

Your email address will not be published.