Destinasi Pantai Wantopi

0

BUTON TENGAH – Kabupaten Buton Tengah (Buteng) merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menyimpan banyak keindahan eksotis. Pesonanya bahkan mampu menghipnotis orang yang memandang meski dari gambar sekalipun.

Salah satu tempat dengan daya tarik luar biasa di Buton Tengah adalah Pantai Wantopi yang terletak di dalam teluk lasori, Desa Wantopi Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah.

Pantai Wantopi ini menjadi salah satu tempat unggulan di Buton Tengah yang keindahannya mampu menyamai pantai-pantai di pulau Buton. Jadi, jangan cuma ke pantai nirwana Baubau saja jika datang ke daratan Buton.

Pantai Wantopi terletak di Desa Wantopi, yang bisa ditempuh selama 1 jam 15 menit perjalanan dari pelabuhan wahaara. Sudah bisa diperkirakan jaraknya, dari kota Baubau menyeberang ke pelabuhan wahaara dan dilanjutkan dengan menggunakan roda dua atau kendaraan roda empat sekitar 50 kilometer.

Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai tempat ini. Namun akses terdekat hanya melalui Kota Baubau. Anda juga bisa melalui rute lainnya yakni dari pelabuhan raha Kabupaten Muna yang bisa ditempuh selama 2 jam 30 menit dengan jarak 97 kilometer.

Untuk memasuki Pantai Wantopi, Anda tidak dikenai biaya apapun alias gratis. Wisata pantai memang sangat digemari bagi yang ingin menghabiskan waktunya bersama keluarga. Selain tempatnya gratis, lokasinya juga relatif dekat dari pedesaan.

Sebelum sampai di pantai ini, Anda harus melewati sebuah jembatan kayu yang panjangnya sekitar 85 meter. Tentunya jembatan ini bukan jembatan yang dibuat untuk kendaraan, melainkan hanya untuk akses wisatawan untuk berjalan kaki menuju Pantai Wantopi. Jika Anda membawa kendaraan, Anda bisa lewat melalui sisi selatan pantai ini.

Fasilitas merupakan hal yang sangat penting keberadaannya bagi sebuah lokasi wisata. Sebagus apapun tempat wisatanya, namun jika fasilitasnya kurang memadai, tempat tersebut akan sepi pengunjung. Wisata Pantai Wantopi memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan para wisatawan, seperti gazebo, vila, kamar mandi dan warung makan.

Setiap lokasi wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri. Seperti juga di pantai Wantopi ini. Berikut ini adalah beberapa keindahan yang menjadi daya tarik pantai ini. Diantaranya adalah :

1. Pasir pantai yang putih dan lembut

Tidak dipungkiri lagi jika Pantai  Wantopi memiliki pantai yang sangat bersih, putih dan halus. Lembutnya pasir pantai disini bahkan menjadi ciri khas tersendiri yang mengunggulkan nama Pantai Wantopi. Anda dapat merasakan halus dan lembutnya pasir pantai saat bermain air.

2. Air Laut yang Jernih

Walaupun lokasi pantai berada dalam teluk, namun air laut di pantai ini sangat jernih hingga ketika Anda memandang ke dasarnya, akan nampak dengan jelas. Dengan kondisi air sejernih ini, sepertinya sulit untuk menahan keinginan untuk berenang ataupun snorkeling. Kejernihan air laut di pantai ini memang menjadi daya tarik yang akan membuat pengunjung ingin kembali lagi ke tempat ini.

3. Berada di teluk.

Salah satu hal yang membuat pantai ini menarik adalah karena lokasinya yang berada dalam teluk. Berbeda dengan pantai lainnya yang berada dilaut lepas, Pantai Wantopi tidak berhadapan langsung dengan ombak atau gelombang laut, jadi sangat aman jika mambawa keluarga datang berlibur diakhir pekan atau hari libur lainnya.

Bagi Anda yang suka dengan wisata bahari, jangan lewatkan destinasi Pantai Wantopi saat Anda berada di Buton Tengah.

Kontributor: Yulisnawati Abbas

Leave A Reply

Your email address will not be published.