Bupati Buka Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia Sektor Kepariwisataan Wakatobi.

0

WAKATOBI – Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Haliana membuka secara resmi pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor Kepariwisataan tingkat kabupaten pada Rabu, (07/07/2021).

Para peserta pelatihan yang hadir sebanyak 40 orang dari berbagai Desa di pulau wanci.

Dalam Sambutannya yang digelar di Wangi-wangi, Haliana mengatakan, Wakatobi butuh langkah yang tepat dan efektif untuk menyikapi tantangan global sebagai tantangan era industri 4.0 dimasa pandemi COVID-19 agar tetap produktif.

Hal itu, demi pencapaian visi misi kabupaten Wakatobi ke depan, yaitu mewujudkan Kabupaten Wakatobi sebagai kabupaten konservasi maritim yang sentosa. Menjadi suatu keniscayaan untuk kabupaten Wakatobi menghadirkan bentuk kebijakan publik disemua bidang.

“Segala upaya kita kedepan harus dipastikan memiliki spirit perubahan dengan tolak ukur, segera berubah dan berdampak.” ucapnya.

Haliana menambahkan, bukan saja karena pariwisata disepakati sebagai leading sektor pembangunan. Tetapi secara nasional sektor pariwisata telah diangkat sebagai sektor unggulan nasional oleh pemerintah pusat.

“Kita harus menjaga asa dan merawat momentum ditetapkannya Wakatobi sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas yang memiliki nilai positif terkait posisi tawar dan dukungan sumber daya untuk Wakatobi dalam konteks kebijakan pembangunan nasional.” tambah Haliana.

Lanjutnya, bukan saja karena telah disepakati sebagai leading sector pembangunan daerah. Tetapi juga karena secara nasional, sektor pariwisata telah diangkat sebagai sektor unggulan nasional oleh pemerintah pusat.

Di tengah kondisi sulit saat ini kita harus terus menjaga asa dan merawat momentum yang sudah kita miliki terutama terkait dengan ditetapkannya Wakatobi sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas nasional.

Bupati yang baru saja dilantik itu mengakui bahwa status sebagai destinasi pariwisata prioritas nasional selama ini telah membawa banyak nilai positif. Terutama terkait posisi tawar dan dukungan sumber daya untuk Wakatobi dalam konteks kebijakan pembangunan nasional.

“Modalitas ini harus kita manfaatkan dengan baik. Kita memiliki harapan yang besar, bahwa ke depan seiring dengan akan semakin membaiknya situasi pandemi, geliat industri pariwisata kita harapkan akan segera pulih kembali. Tantangan yang mendasar adalah, bagaimana saat ini kita konsentrasi untuk mempersiapkan produk dan destinasi wisata kita, sebagai destinasi yang sehat, aman, menarik dan kompetitif untuk dikunjungi wisatawan pascapandemi.” tutupnya.

Laporan : Samidin

Leave A Reply

Your email address will not be published.