11 Destinasi Wisata Sultra Masuk Nominasi API 2021

0

DISPARSULTRA.ID,KENDARI- Sebanyak 11 destinasi wisata yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk ke dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 ini.

Berdasarkan pengumuman resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 11 destinasi tersebut yakni Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dengan nominasi makanan tradisional (kadambi) dan wisata air (Maobu Cliff Jumping); Kabupaten Muna nominasi Minuman Tradisional (Suru Thamere) dan atraksi budaya (Ewa Wuna).

Selanjutnya, Kabupaten Kolaka nominasi Cenderamata (rajutan tali kur) dan eko wisata (Kampung Coklat); untuk Kabupaten Bombana nominasi dataran tinggi (Tangkeno) dan kampung adat (Desa Adat Hukaea-Laea); Kabupaten Buton Selatan nominasi destinasi kreatif (Jembatan Lingkar Lapoili); Kabupaten Buton Utara, surga tersembunyi (EE Dholoma); dan Kota Bau-bau, situs sejarah (Benteng Keraton Wolio).

Anugerah Pesona Indonesia (API) digelar sejak tahun 2016, hngga kini secara rutin tiap tahunnya API telah menjadi ajang nasional bergengsi apresiasi pariwisata dan terbesar di Indonesia. Tujuan API untuk mengangkat dan mengembangkan daerah pariwisata di seluruh Indonesia hingga tahun 2020 telah mencapai 793 destinasi pariwisata, mulai dari keindahan alam, keunikan atraksi budaya, keberagaman tradisi kehidupan kampung adat, kelezatan kuliner tradisional yang menggoda selera, hingga jejak jalur peninggalan sejarah nusantara.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sultra, La Ode Saifuddin mengatakan, agar Sultra bisa menang dalam setiap kategori itu harus mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat dengan cara mengirimkan pesan. Voting dimulai sejak tanggal 1 Juli sampai 31 Oktober 2021 mendatang.

Pemungutan suara dapat dilakukan melalui IG @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel APIaward dan SMS Premium. SMS Premium dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 (Rp 2.200,- & berlaku semua provider) dengan keyword sesuai tabel.

Kontributor: Ilham Surahmin
Editor: Sumarlin

Leave A Reply

Your email address will not be published.